Oktober 12, 2012

NIETZSCHE

Nietzsche adalah sebuah buku pemikiran yang menurutku komposisinya sangat berat. waktu semalaman saja belum cukup untuk menyelesaikan membaca buku berat ini. apalagi buat aku yang notabene-nya ga suka baca buku. tapi aku semalam dipaksa untuk membaca buku berat ini sampai aku harus berperang melawan rasa ngantuk.


Nietzsche adalah seorang filusuf dari jerman yang terkenal dengan teori nihilisme-nya. nietzsche menghabiskan masa sekolahnya di Pforta kemudian pindah ke Bonn dan meneruskan di Leipzig. yang membuat saya tertarik ketika membaca buku ini adalah saat orang ini menyatakan bahwasanya "tuhan sudah mati, tuhan sudah mati" secara berulang kali. dalam buku ini Nietzche menurutku adalah seorang pribadi yang aneh. yang menyatakan bahwa agaa kristen itu salah dan moralitas telah habis. padahal dia sendiri adalah penganut keyakinan itu tetapi mengapa dia berkata seperti itu kepada keyakinannya sendiri. dia juga berkata bahwa konsep illahi itu tidak ada. beliau juga menyatakan bahwa dia akan melawan nihilisme dengan kualitas ekstensial. bagi Nietzsche nihilisme muncul sebagai akibat dari kecenderungan orang memutlakkan nilai-nilai moral yang berkembang dalam sejarah. inti renungan nihilisme adalah sebuah renungan tentang krisis kebudayaan. Nietzsche juga menyimpulkan bahwasanya saat ini nihilisme bersifat radikal. maksudnya, eksistensi bersifat mutlak dan tidak dapat bertahan atau tidak dapat dipertahankan lagi. menurut Nietzsche manusia harus bebas dari segala makna absolut yang menjamin dirinya dan dunianya. Nietzsche juga menerangkan bahwa cara menghentikan nihilisme adalah dengan usaha dilakukan dengan cara mengadakan pengembalian nilai-nilai

bagi Nietzsche tidak ada kebenaran absolut. kebenaran adalah semacam kekeliruan yang tanpanya kita tak dapat hidup. Nietzsche juga mencetuskan beberapa konsep dalam buku ini. tetapi selama yang aku baca hanya 2 yang aku ketahui dan hanya 1 yang bisa aku jelasin. konsep kehendak untuk berkuasa adalah salah satunya. konsep ini merupakan saripati dari seluruh petualangan pemikiran Nietzsche, merupakan prinsip dari seluruh kehidupan manusia dan alam. Nietzsche menggunakan ini berdasarkan dari Wagner, sahabatnya. Nietzsche juga mencetuskan 4 filsafatnya. tetapi disini aku cuma bisa menyebutkan dan tidak bisa menjelaskan karena pengetahuanku yg masih kurang he..he..he. 4 filsafatnya yaitu individualisme, vitalisme, voluntarisme, dan eksistensialisme. menurut Nietzsche kedudukan manusia itu terletak diantara binatang dan semacam manusia ideal yang dapat merealisasikan semua kemungkinannya. tingkat kebudayaan menurut Nietzsche yaitu, barbar (tingkat kebudayaan yang paling rendah, kasar, buruk), normal (tingakt kebudayaan menengah, biasa-biasa saja), dan asketik (tingkat kebudayaan tingkat tinggi. disini semua orang ingin terlihat menonjol dari yang lain). menurut Nietzsche hakikat dari hidup adalah untuk berkuasa. singkatnya kehendak untuk berkuasa adalah hakikat dari dunia, hidup, dan ada.

cuma ini yang aku dapat saat aku membaca buku Nietzsche karya st. Sunardi ini. mungkin pengetahuanku yang masih minim dan minat bacaku yang juga masih mwinim hanya menghasilkan cerita singkat tentang buku Nietzsche karya st. Sunardi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar